1



GENERASI KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA SAMPAI SEKARAN


Satu hal yang sangat mengelitik mengenai komputer yang selama ini sangat dekat dengan kehidupan kita adalah tidak semua orang yang dekat dengan komputer mengetahui sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi.  Ibarat kita punya teman tapi kita tidak mengetahui asal usul teman kita. Oke berikut ini adalah sejarah dari perkembangan komputer dari generasi komputer pertama sampai dengan generasi terakhir sampai dengan saat ini.

Komputer yang berupa sebuah perangkat yang dapat membantu dalam mengerjakan sesuatu dalam kehidupan sehari hari baik itu dari segi berbagi informasi ataupun melakukan aktifitas pekerjaan yang berhubungan dengan analisa, pelaporan dan banyak lagi lainnya.

1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer generasi pertama ini diketahui pada saat perang dunia kedua dimana pada saat itu komputer digunakan oleh negara negara yang terlibat dengan perang dunia kedua. Penggunaan komputer oleh negara negara yang terlibat perang dunia tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kemampuanya dalam mengatur analisa dan rencana strategis dalam perang.
foto dan gambar komputer generasi Pertama
Pada tahun 1941, salah seorang insinyur dari Jerman yang bernama Konrad Zuse berhasilmembangun sebuah computer yang disebutnya Z3 digunakan untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Namun di tempat lain ada Pihak sekutu juga yang juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kemampuan komputer pada generasi pertama tersebut.
Kemudian pada tahun 1943, Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer dengan pemecah kode rahasia yang mereka namakan dengan “Colossus . komputer ini mampu berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh tentara Jerman pada perang dunia kedua.
Sebenarnya efek dari pembuatan Colossus tidak begitu banyak mempengaruhi perkembangan industri computer generasi pertama, hal itu disebabkan karena colossus “ bukanlah komputer serbaguna dalam bahasa inggrisnya lebih dikenal sebagai “general purpose computer, ia dibuat hanyauntuk tujuan agar bisa memecahkan kode rahasia yang digunakan negara lain jerman pada khususnyaSelain itu, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perangdunia kedua selesai.
Di Amerika sendiri sedang deilakukan usaha oleh pihak pemerintahnya pada saat itu adalah untukmenghasilkan suatu kemajuan lain jika dibandingkan dengan sekutu inggris yang hanya membuat “colossusSalah seorang insinyur dari Harvard yang memiliki nama Howard H. Aiken mulai melakukankerja sama dengan IBM dan berhasil menmunculkan kalkulator elektronik untuk  militer  amerika.


Komputer pada generasi pertama ini memiliki ciri ciri sebagai berikut :
  • Programnya masih dibuat dalam bahasa mesin (machine language) yang tersimpan dalam memori internal komputer tersebut
  • Bahasa programnya menggunakan bahasa 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  • Memiliki tabung hampa udara (vakum tube) untuk komponen elektroniknya
  • Ukuran komputernya sangat besar dan memerluakan tempat yang luas dalam penempatanya.
  • Perangkatnya masih banyak meninbulkan panas sehinga diperlukan banyak pendingin untuk menetralkan panas yang dihasilkannya.
  • Proses waktu yang diperlukan untuk melakukan satu perintah masih sangat lambat.
  • Kapasitas penyimpanan masih sangat relatif kecil.
Pada komputer generasi pertama ini diproduksi oleh beberapa perusahaan seperti IBM, UNIVAC, BURROGHS, HONNEYWEL. Pada komputer generasi pertama ini menggunakan mesin mesin seperti Eniac, MarkII, Edsac, MarkIII, Univac I dan UnivacII, Advac dan IBM 650. 


2. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Pada komputer generasi kedua ini muncul pada era sekitar tahun 1960 an, dan penggunaan nya sudah banyak bertujuan untuk industri bisnis, pada masa tersebut juga komputer mengalami perkembangan yang pesat dimana ditemukannya pendukung pendukung komputer seperti alat cetak printer, memori penyimpanan, disket dan sistem operasi.

                            Foto dan gambar komputer generasi kedua

Komputer generasi kedua ini sangat berpengaruh ketika ditemukannya transistor pada tahun 1948, dengan ditemukannya transistor pada tahun tersebut maka mempengaruhi perkembangan komputer dari segi komponen elektroniknya. Generasi komputer kedua ini mengadopsi sistem komponentransistor tersebut yang membuat lebih efektif dari pada generasi sebelumnya yang masih menggunakan tabung hampa (tube vakum).

Kelebihan dalam menggunakan komponen transistor ini terutama dari segi ukuran komputer dapat lebih kecil dari ukuran komputer generasi pertama, selain itu daya tahan transistor ini lebih baik dari vakum tube dikarenakan transistor tidak mudah terbakar dan tidak cepat panas apabila dibandingkan dengan tube vakum.

Adapun ciri ciri dari komputer generasi kedua ini adalah sebagai berikut :
  • Komputer tidak banyak menimbulkan panas pada saat dipoerasikan
  • Tujuan penggunaan komputer sudah untuk pendukung industri bisnis.
  • Sudah dapat membuat program dalam bahasa tinggi seperti fortran, Cobol, dan algol.
  • Kapasitas memori sudah lumayan besar dengan didukung oleh pengembangan magnetic core storage.
  • Sudah dapat menyimpan secara external dengan magnetic tape dan magnetic disk yang berupa bersifat removable disk
  • Telah memiliki kemampuan untuk memproses secara real time dan time sharing.
Mesin pertama yang dapat memanfaatkan teknologi baru ini adalah supercomputer yang diciptakan oleh  IBM dan diberi nama Stretch, selain itu juga ada Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.

Komputer -Komputer tersebut dikembangkan untuk laboratorium energi atom, sehingga dapat menangani sejumlah data dalam jumlah yang besar, hal tersebut sangat membantu dalam hal memecah permasalahan yang dibutuhkan oleh para peneliti atom.

Mesin komputer LARC memiliki biaya yang sangat mahal dan lebih cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan sebuah komputer bisnis, sehingga kepopulerannya menjadi terbatas pada saat itu. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan saat itu yaitu satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang satunya lagi di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Komputer generasi kedua ini telah menggantikan bahasa mesin yang digunakan pada generasi pertama dengan dengan bahasa assembly. Bahasa assembly merupakan bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Berikutnya sekitaran tahun 1960-an, mulai bermunculan computer komputer generasi kedua yangmulai sukses di bidang bisnis, di bidang universitas, dan di bidang pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini adalah komputer yang sepenuhnya telah menggunakan transistor.
salah satu contoh komputer pada generasi kedua ini adalah IBM 1401 yang mampu diterima secara luas oleh kalangan industri.sehingga hampir seluruh bisnis-bisnis besar mulai beralih memakai komputer generasi kedua sebagai alat untuk memproses informasi keuangan perusahaan agar lebih mudah dan efektif.
Beberapa Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamkomputer tersebut mampu memberikan fleksibilitas kepada pengguna. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja komputer dengan harga yang pantas bagi penggunaan komputer untuk bisnis. Beberapa program yang populer di dunia bisnis pada saat itu adalah program yang dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman juga mulai bermunculan di era tersebut. Bahasa pemrograman seperti “Common Business-Oriented Language “ yang disingkat COBOL dan Formula Translator“ disingkat FORTRAN telah mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini kemudian menggantikan kode mesin yang sangat rumit menjadi dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh penggunanya.
Bahasa pemrograman tersebut memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.Sehingga pada era tersebut kemudian bermunculan berbagai macam karir atau pekerjaan baru di bidang komputer seperti programmer, analyst, teknisi komputer dan lain-lain. Industri perangkat lunak pun juga mulai bermunculan dan berkembang pada generasi kedua komputer ini.
Selama era ini juga pelengkap dari aktifitas komputer ditemukan seperti mesin cetak dari hasil kerja komputer yang dinamakan printer, kemudian alat penyimpanan seperti disk juga ditemukan dalam perkembangan komputer generasi kedua ini.


3. Komputer generasi ketiga (1964 – 1970)
Pada komputer generasi ketiga ini memiliki perkembangan yang paling pesat dari sejarah perkembangan komputer yang pernah ada. Sebab pada komputer generasi ketiga ini muncul antara tahun 1964 sampai dengan 1970 seiring dengan ditemukanya Inntergrated Circuit (IC) pada tahun 1959 oleh Jack Kilby. Jack Kilby mengembangkan IC sehingga dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
                                foto dan gambar Komputer generasi ketiga
Penggunaan Komponen IC ini pada komputer generasi ketiga disebabkan karena transistor yang masih digunakan pada komponen komputer generasi kedua masih menimbulkan panas yang relatif besar. Selain itu juga penggunaan transistor pada komponen komputer generasi kedua juga ditemukan banyak kasus terjadinya kerusakan internal komponen elektronik yang disebabkan oleh transistortersebut.

Dengan beralihnya komponen transistor ke komponen IC pada komputer generasi ketiga ini maka ukuran komputer pun menjadi lebih kecil lagi dibandingkan dengan komputer generasi kedua. Selain itu pada performa kecepatan komputer generasi ketiga ini mampu lebih cepat daripada generasi sebelumnya hal tersebut disebabkan penggunaan komponen IC yang dapat meningkatkan kecepatan lebih dari 10.000 kali jika dibandingkan dengan generasi pertamanya.

Berikut ini adalah ciri ciri dari komputer generasi ketiga :
  • Komponen elektroniknya telah menggunakan IC yang dapat berbentuk Lempengan ataupun Chip.
  • Mendukung program Bahasa Tingkat Tinggi seperti Fortran, Basic, Cobol.
  • Sudah mendukung multi prosesing yang dapat menjalankan beberapa program sekaligus.
  • Dapat terhubung denga perangkat lain dalam mengakses data seperti telepon, dan komputer lainnya.
  • Ukuran komputer lebih kecil dari generasi sebelumnya.
  • Proses dalam menjalankan perintah sudah mulai cepat.
Pada komputer generasi ketiga ini sudah ada sistem operasi Unix dan Windows walaupun grafik yang masih sangat minim pada saat itu. Selain itu pada generasi ketiga ini yang sangat paling istimewa adalah sudah mampunya menjalankan multi program yang dimonitori oleh satu program yang dapat mengontrol penggunaan memori untuk menjalankan masing masing program tersebut.

4. Komputer Generasi Keempat ( 1974 – sekarang )
Pada komputer generasi keempat ini perkembangannya menjadi lebih baik. Banyak perusahan berlomba lomba untuk dapat mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen komponen pada komputer tersebut. Komputer generasi keempat ini merupakan komputer yang kita temui pada saat ini. Dimana pada komputer ini menggunakan micro chip untuk menyimpan ratusan komponen elektronik didalamnya.

Penggunaan chip pada komputer tersebut memunculkan komputer komputer yang lebih cerdas dan lebih kecil ukurannya dengan kemampuan lebih baik daripada generasi sebelumnya. kemampuan tersebut dari segi kecepatan, konektivitas dengan perangkat lain, penyimpanan memori dan dari segi pemograman.

                                 foto dan gambar komputer generasi keempat

Pada komputer generasi keempat ini perkembangannya saat pesat pada segi penggunaan sesuai kebutuhan personal (friendy user). Dan berkembang sesuai kebutuhan terutama untuk teknologi informasi dan transfer data.
Nah demikianlah sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai dengan generasi terakhir saat ini. Mengingat teknologi yang terus berkembang pesat tentu saja nanti akan muncul komputer generasi selanjutnya yang lebih canggih dan lebih baik dari generasi generasi sebelumnya.

Posting Komentar

 
Top